Sistem Informasi Pesantren 2011(SIP 2011)

Institusi Pondok Pesantren merupakan tempat untuk membentuk serta mendidik generasi muda, tetapi kebanyakan permasalahan institusi Pondok Pesantren kesulitan dalam memberikan contoh penggunaan dari ilmu yang dipelajari khususnya bidang Teknologi Informasi, apalagi pesantren terkenal dengan tradisi salafnya. Melihat kondisi yang demikian, kami menawarkan suatu Sistem Informasi Pesantren (SIP) berbasis komputer yang menggunakan metode pemanfaatan barcode yang telah ada di pesantren sebagai salah satu sarana belajar santri.
Manfaat dan keuntungan yang akan diperoleh bagi pengelolah Pondok Pesantren(guru serta karyawan) :
1.  Dapat memberikan contoh langsung salah satu penerapan dan manfaat Teknologi Informasi di kehidupan sehari-hari.
2. Menyederhanakan dan mempermudah administrasi Pondok Pesantren.
3. Mempercepat pelayanan terhadap siswa maupun pihak – pihak yang terkait.
4. Biaya sangat murah (software bisa gratis)

Manfaat bagi Santri :
1. Pengenalan aplikasi sistem komputer lebih dini.
2. Siswa mengerti manfaat dan pentingnya menguasai teknologi tinggi, sehingga membantu penalaran dan kreasi santri khususnya dibidang ilmu Teknologi Informasi (IT)

Sistem Informasi Pondok Pesantren yang kami tawarkan mencakup beberapa hal, antara lain :

1. Database santri, Ustadz dan Karyawan Pesantren
2. Administrasi Keuangan
3. Pembukuan Keuangan Pondok Pesantren
4. Administrasi perpustakaan
5. Absensi santri, Ustadz dan Karyawan Pondok Pesantren
6. Aplikasi Bimbingan Konseling

Alat – alat yang diperlukan :

1. Komputer
2. Software khusus Sistem Informasi Pesantren (SIP)
3. “Smart IT Card” –> ID Card yang berisikan kode digital untuk setiap santri, ustadz dan karyawan
4. Barcode scanner

1. Komputer. Alat ini diperlukan untuk menyimpan data santri, ustadz dan karyawan serta untuk kepentingan administrasi lainnya. (catatan : tidak perlu beli jika pihak Pondok Pesantren sudah memiliki komputer)
2. Sofware khusus Sistem Informasi Pondok Pesantren Terpadu. Software yang kami tawarkan bisa digunakan dalam bentuk jaringan komputer misalnya komputer yang ada di bagian tata usaha, bendahara, kepala Pondok Pesantren, Guru BP dan perpustakaan dihubungkan dalam satu jaringan yang nantinya masing – masing komputer bisa menggunakan seluruh data secara bersama – sama.
3. ID Card / kartu identitas. Kartu identitas ini mempunyai kode digital berupa barcode yang berbeda untuk tiap santri, guru maupun karyawan. ID Card ini bisa digunakan untuk beberapa fungsi, antara lain sebagai kartu Santri, kartu SPP, kartu Perpustakaan/perpus serta beberapa fungsi lain menurut kebutuhan Pondok Pesantren.
4. Barcode Scanner, alat ini berfungsi untuk membaca kode digital pada ID Card atau kartu identitas buatan kami yang pada akhirnya akan memberikan kemudahan, kecepatan serta ketepatan dalam pelayanan terhadap santri misalnya saat pembayaran syahriyah/SPP, pengecekan data santri, memimjam buku di perpustakaan dan masih banyak kegunaan lainnya (catatan pihak Pondok Pesantren tidak harus membeli alat ini dari kami).